Idul Adha, sekolah alam ajarkan cara sembelih hewan kepada peserta didik

Perayaan Hari Raya Idul Adha digunakan sebagai momentum bagi sekolah-sekolah berbagi untuk sesama, khususnya bagi masyarakat sekitar yang kurang beruntung.

Kegiatan ini sekaligus untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak didiknya agar memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi, dan yang lebih utama peserta didik menjadi lebih memahami praktik agama secara langsung.

Hal ini salah satunya tampak pada perayaan Idul Adha 2019/ 1440 H, di keluarga besar ‘Sekolah Alam Bontang’ di Kota Bontang. Pada Idul Adha tahun ini mereka melakukan penyembelihan 5 ekor sapi dan 8 ekor kambing.

“Momen Idul Adha tahun ini peserta didik dilibatkan dalam proses penyembelihan dan pengolahan daging Qurban hingga dibagikan kepada warga yang berhak, diharapkan dari kegiatan ini peserta didik paham tentang fiqih penyembelihan hewan menurut Islam, juga tentang konsep berbagi” ujar Abdul Gafar, guru fiqih MTs Alam dalam keterangannya, Senin (12/8/2019).

Dari hewan qurban tersebut, sekolah lantas membagikan lebih dari 600 paket daging kepada warga yang membutuhkan di lingkungan guru sekolah alam bontang.

Kami mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali murid, guru , karyawan serta para donatur yang memberikan amanah kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging kurban kepada warga yang membutuhkan. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT,” sambungnya.

Perwakilan sekolah alam bontang, Mukti Ali menambahkan, kepiawaian para guru memotivasi siswa maupun orang tua murid mampu menggerakkan kebersamaan sekolah untuk berbagi kepada sesama.

Seluruh hewan qurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari semua orang tua, siswa, guru dan karyawan di lingkungan sekolah sekolah.

“Semoga kegiatan ini menjadikan kita senantiasa meneladani kecintaan nabi Ibrahim As kepada Allah SWT melebihi apapun dan kepatuhan nabi Ismail kepada orangtuanya karena Allah.” Tutup Mukti Ali selaku ketua panitia penyembelihan hewan Qurban sekolah alam bontang 1440 H.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*