Cerita perjalanan ke balikpapan | Shafwa

Pada hari Rabu 19 April 2017 tepat nya pukul 8 malam, siswa dan guru MTs Alam berkumpul di Sekolah karena kami akan melaksanakan Field trip ke Balikpapan selama 3 hari. Di Sekolah kami briefing sejenak, lalu siap-siap untuk berangkat, dan saat pukul 10 malam kami pun berangkat menuju ke Balikpapan dengan menaiki mobil.

Setelah melewati perjalanan kurang lebih 6 jam kami pun sampai di Bandara Balikpapan, disana pertama kami sholat, ganti baju dan beristirahat. Di Bandara kami juga sempat tadarus Al qur’an, setelah tadarus setengah juz kami pun sarapan lalu kami bersiap karena kami mau berkeliling kota Balikpapan dengan menaiki angkot, kami berkeliling di temani oleh 2 tour guide dari Samba (Sekolah alam Balikpapan).

Kunjungan ke Balikpapan

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah “Makam Pahlawan” disana tempat dimakamkannya pahlawan dari Balikpapan, Samboja, Penajam dan lain lain. Setelah itu kami ke “Monpera” atau “Monumen Perjuangan Rakyat“, “Monpera” dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Balikpapan melawan para penjajah, “Monpera” diresmikan pada hari Sabtu,19 November 1983.

Taman Makam Pahlawan Dharma Agung

Setelah itu kami istirahat sebentar di sebuah Masjid kemudian dilanjutkan ke “Tugu Australia” dengan berjalan kaki karena dekat dari Masjid nya, “Tugu Australia” berada di tengah jalan jadi kami harus menyebrang, “Tugu Australia” dibangun dengan tujuan mengenang pendaratan divisi baja Australia. Setelah dari “Tugu Australia” kami berkeliling Balikpapan dengan menaiki angkot jadi tidak turun turun, saat berkeliling kami melihat Kilang minyak, Pelabuhan, dan lain lain.

tugu australia

Setelah berkeliling cukup lama kami singgah di Islamic center Balikpapan disana Masjid nya luas banget terus itu bersih kamar mandi nya juga luas dan bersih jadi kami mandi/ganti baju disitu, terus disana ada yang jualan jadi kami jajan disitu, makan siang nya juga disitu, sholat, istirahat pun disitu juga.

Islamic Center Balikpapan

Setelah dari Islamic center kami ke “Mangrove center” jalan ke Mangrove nya masuk-masuk jadi cukup lama, tapi akhirnya kami sampai juga, disana kami diterangkan soal mangrove oleh pengurus nya dan ternyata luas “Mangrove center” nya 150 Hektare, setelah selesai dijelaskan soal mangrove kami keliling “Mangrove center” dengan menaiki kapal, saat berkeliling kami juga melihat beberapa ekor bekantan walaupun dari jauh, setelah selesai berkeliling kami menuju ke Samba (Sekolah alam Balikpapan) untuk ber istirahat.

Mangrove Center

Saat sampai di Samba kami langsung menurunkan barang dari mobil lalu membawa ke tempat kami beristirahat, setelah menata barang kami tidur – tiduran karena capek banget dari pagi sampai sore keliling terus, setelah adzan maghrib kami pun sholat dan bersiap siapa karena kami mau ke Transmart . Kami ke Transmart menaiki 1 mobil (ikhwan nya ga ikut), disana kami main – main, jajan, dan lainnya. Setelah dari Transmart kami balik ke Samba lalu kami pun tidur.

Sekolah Alam Balikpapan

Pagi nya jam 04:30 kami bangun lalu mandi,ganti baju, dan lainnya. Setelah adzan kami pun sholat shubuh lalu membereskan barang karena kita mau ke “Bukit Bangkirai”, setelah beres kami menurunkan barang, sarapan, lalu berangkat menuju “Bukit Bangkirai”. Setelah perjalanan kurang dari 1 jam kami akhirnya sampai, disana kami briefing dulu lalu kami pun mulai tracking menuju “Canopy bridge” yaitu jembatan yang sangat tinggi dan panjang, setelah tracking sekitar 15 menit kami pun sampai di “Canopy bridge” .

Kunjungan ke Balikpapan

Sebelum ke atas nya kami harus menaiki tangga yang tinggi banget dan setelah melalui anak tangga yang bikin capek akhirnya kami sampai di atas, melewati jembatan nya harus satu per satu, rasanya waktu di jembatan nya itu takut jatuh tapi seru juga dan kita bisa melihat pemandangan indah “Bukit bangkirai” dari atas ,setelah melewati jembatan jembatan kami pun turun lalu beristirahat sebentar, setelah itu kami tracking lagi ke tempat awal, disana itu kayak ada tempat buat istirahat jadi kami istirahat disitu.

Selain istirahat kami juga makan siang disitu setelah itu ikhwan nya sholat jum’at dan akhwat nya sholat dzuhur di tempat istirahat tadi setelah itu kami ganti baju lalu bersiap ke Samarinda. Sampai di Samarinda kami langsung ke “Big mall” disana kami membeli buku, jalan jalan, dan lain lain,setelah puas kami pun menuju tempat makan malam dan disana kami juga sholat, setelah itu kami pun balik ke Bontang , sampai di Sekolah (MTs alam) kami menurunkan barang lalu di jemput oleh orang tua masing-masing.