Kunjungan ke Balikpapan

Kunjungan ke Balikpapan
Kunjungan ke Balikpapan

Kunjungan ke Balikpapan, Provinsi kalimantan timur mempunyai potensi sumber daya alam yang luar biasa, baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources). Potensi sumber daya alam tentu saja akan bisa memberikan manfaat yang banyak bagi manusia, tapi bisa jadi akan lebih banyak mendatangkan madharat (baca ; kerugian) bagi manusia. Untuk itu pemanfaatan potensi sumber daya alam haruslah arif agar kemanfaatan pengelolaan sumber daya alam bisa lebih banyak dan berkelanjutan.

Kearifan dalam mengelola Sumber Daya Alam akan muncul dari sosok pemimpin yang memahami sesuatu secara holistik, Holistik bermakna memahami suatu masalah secara ilmiah dengan berlandaskan kepada keimanan. Pemimpin dengan pemahaman holistik akan berperan sebagai pemakmur bumi (khalifatullah fil Ardh) bukan perusak bumi.

19 April 2017 tepatnya pukul 22.00 wita, sebanyak 20 peserta didik di dampingi 3 orang Fasilitator MTs Alam Al Hafidz berangkat berkunjung ke Kota Minyak Balikpapan, sebuah ikhtiar untuk mengenalkan potensi SDA provinsi kalimantan timur secara langsung. Kunjungan ini kami sebut dengan nama Fieltrip, Fieldtrip adalah suatu kegiatan pembelajaran di MTs Alam agar peserta didik bisa bersentuhan secara langsung dengan suatu masalah yang sedang di pelajari.

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan adalah destinasi pertama yang kami kunjungi, sekaligus tempat transit kami menunggu pagi karena kami sampai di bandara pukul 04.30 wita, kami punya tempat rahasia untuk transit di bandara ini lho… jangan bilang-bilang ya, kami beristirahat di Mushalla bandara, “kan mushalla bandara sempit, mana mungkin bisa istirahat di situ, emang nggak ada penumpang yang mau sholat?!” “hmm… kasih tau nggak ya, kita di mushalla sebelah mana…” “betul sekali, mushalla yang ada di parkir mobil lantai 3 lebih besar daripada yang ada di dalam bandaranya dan jarang pula ada penumpang yang menggunakan mushalla ini. Jadi kami bisa cuci muka, wudhu, sholat dan numpang sarapan di tempat ini”.

Sedikit info tentang bandara ini : Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (IATA: BPN, ICAO: WALL) adalah bandar udara yang melayani penerbangan untuk Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandar udara ini dioperasikan oleh PT. Angkasa Pura I dan dibuka pada tanggal 6 Agustus 1997. Bandara ini memiliki luas 300 hektar dan merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I.” (sumber : Wikipedia)

Pukul 07.00 wita, Tour Guide kunjungan ke balikpapan datang, Mereka adalah 1. Nistelrooy Lentera Paranggi dan 2. Nanda Faris Novriandi peserta didik kelas 8 SMP Balikpapan. Satu kata buat mereka adalah “Keren”.

Dengan menggunakan moda transportasi umum (angkot) kami berkeliling Kota Balikpapan. Duo Guide keren ini mengajak kami berkeliling dengan route Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman – Taman Makan pahlawan Dharma Agung – Monpera -Mesjid Istiqomah – Monumen Australia – Kebun Sayur – Islamic center – mangrove center Balikpapan – sekolah alam balikpapan.

bersambung …

1 Trackback / Pingback

  1. Cerita perjalanan ke balikpapan | Shafwa | MTs Alam Al Hafidz

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*