Melatih Kemandirian Peserta Didik MTs Alam Dalam Berqurban

Mendekatkan Diri Kepada Allah dengan berqurban

 

Mendekatkan Diri Kepada Allah dengan berqurban, Tak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Selain dianjurkan menjalankan ibadah haji bagi yang mampu, umat muslim juga disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan.

Qurban bukan sekedar ibadah ritual, melainkan di dalamnya banyak mengandung hikmah atau pelajaran yang bisa diambil di dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di dalam dunia pendidikan, qurban menjadi sarana efektif sebagai media pembelajaran bagi para siswa. Mulai dari menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, melatih budaya gotong royong, menumbuhkan budaya sedekah dan semangat beribadah kepada Allah SWT, hingga menumbuhkan sikap kemandirian siswa.

Untuk itu, MTs Alam Al-Hafidz Yayasan Baiturrahman Bontang juga akan memanfaatkan momentum Idul Adha ini untuk melatih kemandirian para siswa-siswinya dalam berqurban. Salah satunya dengan menggalakkan infak rutin setiap harinya yang dikumpulkan dalam satu kotak khusus yang telah ditentukan.

Infak ini sudah mulai digalakkan sejak hari pertama masuk sekolah. Sebelumnya, para guru dan wali kelas juga telah melakukan sosialisasi ini kepada setiap orang tua dalam kegiatan parent’s meeting. Alhamdulillah, para orang tua pun ikut mendukung dan menyambut baik program sekolah ini dengan baik dan antusias. Terbukti, setiap harinya para siswa-siswi MTs Alam Al-Hafidz selalu menyempatkan untuk berinfak di sela-sela aktivitas belajarnya.

Pengumpulan infak ini rencananya akan dilakukan hingga H-1 Idul Adha. Jika jumlah infak yang terkumpul sesuai dengan target yang diharapkan, Insya Allah MTs Alam Al-Hafidz akan menyumbangkan 1 ekor sapi pada tahun ini. Tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Para siswa nantinya tidak hanya akan dilibatkan saat hari pemotongan, namun mereka juga akan dilibatkan mulai saat proses pencarian hewan qurban di pedagang. Sehingga diharapkan, para siswa-siswi juga mengetahui proses saat memilih hewan yang layak dan memenuhi kriteria untuk dijadikan hewan qurban. Akhir kata, selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Semangat untuk berbagi meraih ridho Ilahi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*